Kamis, 16 Mei 2013

Syarat Pelaksanaan Proses Pembelajaran

Dalam Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Permendiknas 41/2007), persyaratan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, standar yang harus dipenuhi terdiri dari 4 komponen::
  • Rombongan belajar
  • Beban kerja minimal guru
  • Buku teks pelajaran
  • Pengelolaan kelas
Berikut uraian standar untuk keempat komponen tersebut:

1. Rombongan belajar 
Jumlah maksimal peserta didik setiap rombongan be­lajar adalah: 
a. SD/MI : 28 peserta didik 
b. SMP/MT : 32 peserta didik 
c. SMA/MA : 32 peserta did 1k 
d. SMK/MAK : 32 peserta didik 

2. Beban kerja minimal guru 
a. beban kerja guru mencakup kegiatan pokok yaitu merencanakan pembelajaran, melaksanakan pem­belajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksana­kan tugas tambahan; 
b. beban kerja guru sebagaimana dimaksud pada huruf a di atas adalah se kurang-kurang nya 24 (dua puluh empat) jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu. 

3. Buku teks pelajaran 
a. buku teks pelajaran yang akan digunakan oleh se­kolah/madrasah dipilih melalui rapat guru dengan pertimbangan komite sekolah/madrasah dari buku­buku teks pelajaran yang ditetapkan oleh Menteri; 
b. rasio buku teks pelajaran untuk peserta didik adalah 1 : 1 per mata pelajaran; 
c. selain buku teks pelajaran, guru menggunakan buku panduan guru, buku pengayaan, buku refe­rensi dan sumber belajar lainnya; 
d. guru membiasakan peserta didik menggunakan buku-buku dan sumber belajar lain yang ada di per­pustakaan sekolah/madrasah. 

4. Pengelolaan kelas 
a. guru mengatur tempat duduk sesuai dengan ka­rakteristik peserta didik dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan; 
b. volume dan intonasi suara guru dalam proses pembelajaran harus dapat didengar dengan baik oleh peserta didik; 
c. tutur kata guru santun dan dapat dimengerti oleh peserta didik; 
d. guru menyesuaikan materi pelajaran dengan kece­patan dan kemampuan belajar peserta didik; 
e. guru menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dankeputusan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran; 
f. guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respons dan hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung; 
h. guru menghargai pendapat peserta didik; 
i. guru memakai pakaian yang sopan, bersih, dan rapi; 
j. pada tiap awal semester, guru menyampaikan silabus mata pelajaran yang diampunya; dan 
k . guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.­

Tidak ada komentar:

Posting Komentar